ciriciri muka orang marah

Insya Allah

Insya Allah

“Dan jangan sekali-kali kamu mengatakan tentang sesuatu: Sesungguhnya aku akan mengerjakan ini besok pagi, kecuali (dengan menyebut); ‘Insya Allah’.” (QS al-Kahfi [16]:23-24).

Teman Serumah Kami Kecoa dan Kodok

Teman Serumah Kami Kecoa dan Kodok

Hidup tak selalu sesuai dengan impian. Ada kalanya kita berdampingan dengan orang-orang yang sejalan dengan keinginan kita. Tapi pada saat yang lain kita pun dipaksa untuk bersebelahan dengan orang-orang yang tak sejalan dengan keinginan kita.

Gitu Aja Masa Gak Ngerti!

Gitu Aja Masa Gak Ngerti!

Pada suatu hari saat Rasulullah sedang duduk bersama para sahabat di sebuah masjid, datanglah seorang badui. Tanpa ba-bi-bu, badui itu ngeluyur menuju salah satu sudut masjid. Tak dinyana tak diduga, badui itu dengan entengnya kencing di pojok masjid. Tentu saja, kelakuan nyleneh tersebut membangkitkan amarah para sahabat. Siapa sih yang […]

Biarkan Anak Cucumu Bangga terhadapmu

Biarkan Anak Cucumu Bangga terhadapmu

”We choose to go to the moon…we choose to go to the moon not because it is easy, because it’s hard..” (John F. Kennedy)

1001 Keuntungan Orang Jelek

1001 Keuntungan Orang Jelek

Sebagai orang jelek, saya telah merasakan begitu banyak keuntungan. Kesimpulan ini saya peroleh setelah sekian lama melakukan renungan siang dan malam. Beberapa keuntungan tersebut, antara lain:

Ingatlah, Begitu Banyak Aib Kita yang Ditutupi Tuhan

Ingatlah, Begitu Banyak Aib Kita yang Ditutupi Tuhan

Jangan sombong dan takabur dengan prestasi dan citra yang kita miliki. Sesungguhnya jumlah aib yang sedang bersemayam dalam diri kita jauh lebih banyak daripada kebaikan yang selama ini dikenal oleh orang-orang dekat kita. Beruntung, Tuhan yang Mahabaik senantiasa menutupi aib kita dengan rapi.

Senang Melihat Orang Susah; Susah Melihat Orang Senang

Senang Melihat Orang Susah; Susah Melihat Orang Senang

Saya sedang mengidap suatu penyakit. Anehnya, tak satu pun dokter yang mampu menuliskan resep obatnya. Gejala yang saya rasakan, antara lain, jika melihat orang lain berhasil, perasaan ini tercabik-cabik. Sebaliknya, jika orang lain menderita, hati ini rasanya senang dan berbunga-bunga. Pokoknya SMS, alias Senang melihat orang lain susah dan Susah […]

Amarah Tinggalkan Luka Menganga

Amarah Tinggalkan Luka Menganga

Khutbah Jumat yang saya ikuti kali ini benar-benar menyadarkan saya atas segala ketidakberdayaan dalam menahan amarah. Ya, amarah, emosi, atau apa pun itu namanya sering mengganggu nalar sehat kita. Saat bersosialisasi dengan keluarga, sahabat, tetangga, kolega, atau dengan anak buah, tak jarang saya sering mengungkapkan amarah melalui bahasa tubuh, umpatan, […]

Minta Jodoh kepada Orang Pintar, Cape Deh!

Minta Jodoh kepada Orang Pintar, Cape Deh!

“Dul, tolong pinjami saya korek api!” pinta Ustad Farid pada seorang jama’ah pengjian sore itu.

Tips Menghadapi Orang yang Menyebalkan

Tips Menghadapi Orang yang Menyebalkan

Ditaksir seseorang yang gak pas di hati memang menjadi penderitaan tersendiri. Bahkan menyebalkan. Celakanya, orang itu seperti tak tahu diri. Kamu telah menampakkan isyarat ketidaksukaan dengan bahasa tubuh tapi dia tetap nekad datang ke rumah. Apa yang mesti dilakukan?

Pada Suatu Hari Ulat itu akan Menjadi Kupu-kupu

Pada Suatu Hari Ulat itu akan Menjadi Kupu-kupu

Menangis. Itulah yang dilakukan ayah saya ketika bertemu anak saya yang sedang mondok di Pondok Modern Gontor, Ponorogo. Sebagai seorang kakek yang penuh welas asih, hatinya tidak tega melihat cucunya dalam kondisi hidup penuh prihatin.

Jangan Rendahkan Martabat Orang yang Kita Benci

Jangan Rendahkan Martabat Orang yang Kita Benci

Rasa cinta itu tidak bisa dipaksa. Meskipun demikian, jika kita tidak senang dengan seseorang bukan berarti bisa berbuat semena-mena hingga menistakan orang tersebut. Cinta itu karunia Tuhan yang tak bisa ditebak ke mana akan jatuhnya. Bisa jadi jatuhnya pada seseorang yang memang siang malam selalu kita impikan. Itulah yang namanya […]

Jodoh Kita Sesungguhnya Sedang Berhadapan dengan Kita

Jodoh Kita Sesungguhnya Sedang Berhadapan dengan Kita

“Siapakah orang terdekat kita? Dia adalah orang yang sering berhadap-hadapan dengan kita. Orang terdekat kita adalah orang yang bisa kita tatap dengan sepenuh pandangan mata kita.”

Ini Lho yang Disebut Orang Kaya Sejati Itu

Ini Lho yang Disebut Orang Kaya Sejati Itu

Kalian mendambakan menikah dengan seseorang yang kaya raya? Sesungguhnya gampang sekali untuk mewujudkannya. Di permukaan bumi ini banyak berkeliaran orang-orang yang kaya raya. Pikirmu, ”Ini beneran tah?” Sebanyak itukah jumlah orang kaya di sekitar kita? Ya, ada ribuan bahkan jutaan orang-orang kaya raya yang dapat kita temui setiap hari. Kawan, […]

Tips Mempercerah dan Memperkaya Kehidupan Kita

Tips Mempercerah dan Memperkaya Kehidupan Kita

Kata Jacob Oetama, setiap setiap orang yang kita temui memiliki peran dalam upaya mepercerah (enlightment) dan memperkaya (enrichment) kehidupan kita. Oleh sebab itu, jangan sekali-kali membentengi diri saat kita berkesempatan berbincang-bincang dengan orang-orang di sekeliling kita. Dengarkan saja apa yang mereka sampaikan. Renungkan. Lalu, yakini bahwa semua saran, petuah, dan […]

latansablog.wordpress.com

Tips Mendapatkan Restu dari Orang Tua Sendiri

Mungkin saat ini kamu merasa telah menemukan calon jodoh idaman hatimu. Hanya saja, keinginan kalian untuk melangkah ke jenjang penikahan menjadi tertunda karena orang tua kamu belum dapat menerima si dia sebagai pendamping hidupmu. Dalam kondisi seperti ini, dapat dipastikan kamu merasa galau, marah, atau bahkan putus asa. Namun, kamarahan […]

Foto: ilu-imu.blogspot.com

Dijodohkan, Siapa Takut?

Hari gini dijodohkan? Seperti zaman Siti Nurbaya saja. Itulah tanggapan yang umumnya akan diberikan ketika seseorang mendengar kata dijodohkan atau perjodohan. Namun, tidak ada salahnya kamu mengkaji ulang pernyataan ini. Benarkah perjodohan itu selalu buruk? Tidak adakah sisi positif yang dapat dipetik dari perjodohan?

Ketika Mangkel Kepada Cowokmu, Apa Yang Mesti Dilakukan?

Ketika Mangkel Kepada Cowokmu, Apa Yang Mesti Dilakukan?

Berkali-kali dia telat menjemput. Janji sering tidak ditepati. Rasanya emosi ini mau meledak. Setiap kali dia bikin bete, maunya putus saja: Loe Gue End! Wah, hati-hati Sister, kamu harus bisa mengelola emosimu. Harus mampu mengontrol amarahmu. Sebab, jika kamu biarkan kemarahan itu mengendalikan dirimu, kerugianlah yang akan dialami.

Penyesalan Selalu Datang Belakangan!

Penyesalan Selalu Datang Belakangan!

Di Photos That Shook The World saya temukan sebuah foto yang sangat menggugah nurani. Foto itu bercerita tentang seorang pelari elit dunia asal Kenya yang memperlambat laju larinya untuk membantu seorang pelari tunadaksa asal China yang nyaris pingsan karena dehidrasi. Mestinya, jika tetap mempertahankan kecepatan larinya, si pelari asal Kenya […]

Kekuatan Memaafkan

Kekuatan Memaafkan

Kamu sudah dibohongi, ditipu, ditinggalkan sendiri, diselingkuhi, dilanggar hak, dan lain-lain. Suatu ketika orang yang berbuat aniaya itu datang padamu dan menyampaikan permohonan maaf. Akankah kamu memaafkannya?