cara menggiringkan merpati

Pada Situasi Seburuk Apa Pun Kita Tidak Boleh Menyerah

Pada Situasi Seburuk Apa Pun Kita Tidak Boleh Menyerah

Selama setahun Jose Salvador Alvarenga terkatung-katung di Samudera Pasifik.  Nelayan asal Elsalvador tersebut pada 21 Desember 2012 bersama seorang rekannya berlayar untuk berburu hiu.

In The Name of Harmony

In The Name of Harmony

Kata Boss saya, ketika bencana menimpa diri kita, maka yang pertama kali harus ditelisik adalah sumbernya. Tidak tertutup kemungkinan bencana tersebut berasal dari kurang harmonisnya kita dengan alam dan lingkungan.

Insya Allah

Insya Allah

“Dan jangan sekali-kali kamu mengatakan tentang sesuatu: Sesungguhnya aku akan mengerjakan ini besok pagi, kecuali (dengan menyebut); ‘Insya Allah’.” (QS al-Kahfi [16]:23-24).

Minta Jodoh kepada Orang Pintar, Cape Deh!

Minta Jodoh kepada Orang Pintar, Cape Deh!

“Dul, tolong pinjami saya korek api!” pinta Ustad Farid pada seorang jama’ah pengjian sore itu.

Permohonan Maaf Tidak Akan Melunturkan Harga Diri Kita

Permohonan Maaf Tidak Akan Melunturkan Harga Diri Kita

Kita mungkin perlu banyak belajar kepada Cristiano Ronaldo tentang cara menyampaikan maaf kepada seseorang. Dengan rendah hati dan melupakan nama besarnya, pesepak bola dari kesebelasan Real Madrid ini menyampaikan permohonan maaf kepada seorang gadis yang menjadi suporter dalam pertandingan yang diikuti bintang sepak bola dari Portugal tersebut.

11 Cara Menarik Perhatian Cowok Pujaanmu

11 Cara Menarik Perhatian Cowok Pujaanmu

Kamu sedang tergila-gila padanya, ya? Selamat saya ucapkan. Itu pertanda bahwa kamu masih waras. Lantas bagaimanakah agar dirimu tetap melekat di hatinya? Berikut tips jitunya.

Kita adalah Belalang yang Terkurung Kotak Korek Api

Kita adalah Belalang yang Terkurung Kotak Korek Api

Dari Pondok Gontor saya mendapat kisah tentang seekor belalang. Alkisah, ada seekor belalang yang hidup dalam kungkungan sebuah kotak. Pada suatu hari sang belalang mencoba keluar dari kotaknya.

5 Cara Membebaskan Diri dari Kenangan Pahit

5 Cara Membebaskan Diri dari Kenangan Pahit

Kenangan pahit saat ini mungkin tengah menghantui dirimu. Peristiwa menyakitkan akibat diselingkuhi, dizalimi, atau dinistakan oleh pasanganmu dulu membuatmu berkeputusan untuk hengkang meninggalkan dirinya. Luka hatimu masih basah. Hingga hari ini dirimu begitu sulit untuk melupakan kenangan pahit tersebut.

The Miracle of Jodoh!

The Miracle of Jodoh!

Ada seorang cowok bertanya kepada saya tentang resep jitu mendapatkan jodoh. Jawab saya: ”Berikhtiarlah dengan keras sekemampuanmu. Tapi jangan berpikir bahwa perempuan yang kamu gandrungi itu seratus persen bakal jadi jodohmu.”

Camer Matre, Masa Sih?!

Camer Matre, Masa Sih?!

Pantaskah jika seorang suami memiliki penghasilan kalah jauh sama istrinya? Pertanyaan tersebut mungkin pernah bertengger dalam pikiran calon mertua teman saya. Ya, ketika itu (tahun 90-an) teman saya hanya mengantongi gaji Rp 90.000,00 per bulannya. Sementara itu calon istrinya, yang saat itu masih bekerja di sebuah bank nasional, setiap bulan […]

Siapa Aku, Siapa Kamu, Siapa Saja!

Siapa Aku, Siapa Kamu, Siapa Saja!

Para cewek narsis yang dikejar banyak cowok biasa bersikap muna dengan menerapkan strategi Kejarlah Daku Kau Kutangkap. Ditebarnya pesona di setiap sudut. Begitu ada cowok yang mendekati, dia berusaha cuek. Pada hari berikutnya dia berusaha menarik perhatian si cowok itu lagi, dan ketika sang cowok mendekat, kembali sang cewek berpura-pura […]

Pelajaran Sabar dari Nabi Khidir

Pelajaran Sabar dari Nabi Khidir

Ketika Allah SWT mengingatkan Nabi Musa AS bahwasannya ada seseorang yang lebih alim dari dirinya, Nabi Musa pun seakan tersentak dari lamunannya.

Berkawan Karib dengan Kejenuhan dan Kebosanan

Berkawan Karib dengan Kejenuhan dan Kebosanan

Alhamdulillah, untuk kali kedua saya berkesempatan mengunjungi KRI Cakra-401, satu dari dua kapal selam kebanggaan bangsa Indonesia. Di ruang rekreasi, sambil menikmati teh botol saya pun bercengkrama dengan beberapa kru yang sedang rehat dari tugasnya.

Jalan Termudah Menuju Surga

Jalan Termudah Menuju Surga

Apakah kamu saat ini sedang bersaing ketat dengan seseorang? Mungkin tetangga sebelahmu atau bekas teman sekelasmu dahulu. Siapa pun dia, yang pasti kamu dan dia sama-sama jomblonya dan hingga hari ini masih dalam status penuh ketidakjelasan tentang siapa calon pendamping kalian. Jika suatu ketika sainganmu itu dilamar seseorang yang kegantengannya […]

Mengatasi Masalah dengan Menggali Masalah, Jangan Dong!

Mengatasi Masalah dengan Menggali Masalah, Jangan Dong!

Masalah selalu melekat dalam kehidupan kita. Masalah beredar dalam setiap tarikan nafas kita mulai dari stadium ringan hingga stadium akut. Jangan hidup jika tidak berani berhadapan dengan aneka problema atau masalah sebab masalah akan selalu hadir menyertai kehidupan kita.

Jangan Sangsikan Keputusan Hasil Salat Istikharah

Jangan Sangsikan Keputusan Hasil Salat Istikharah

Anda yang telah tamat membaca Rantau 1 Muara, Novel ke-3 dari trilogi Negeri 5 Menara, tentunya bisa menangkap rasa bimbang yang melanda tokoh utama dalam cerita tersebut. Ketika istri sang tokoh rindu sanak saudara di tanah air dan berkeinginan segera meninggalkan Washington DC, ada keraguan yang menyelimuti hatinya. Maklum saja, […]

Man Saara Ala Darbi Washala

Man Saara Ala Darbi Washala

Ada satu pepatah berbahasa Arab yang saya peroleh dari anak saya yang saat ini tengah menempuh pendidikannya di Pondok Modern Gontor. Pepatah itu berbunyi “Man saara ala darbi washala”. Jika diartikan secara bebas pepatah tersebut bermakna: “Barangsiapa mau berjalan, maka akan sampai pada tujuannya.” Dengan kata lain, jika kita mau […]

5 Langkah Terbaik dalam Membalas Dendam

5 Langkah Terbaik dalam Membalas Dendam

Sering di-bully? Dizalimi oleh seseorang? Sedang difitnah? Dianiaya? Jika “ya” jawabannya, maka lampiaskan saja segala kekesalanmu dengan segera. Balaskan segala dendammu sekarang juga. Jangan menunggu lagi. Inilah saat terbaik bagimu.

5 Hal yang Membuat Seseorang Jatuh Cinta Kepadamu

5 Hal yang Membuat Seseorang Jatuh Cinta Kepadamu

Jika hingga hari ini keinginanmu untuk menghadirkan seorang kekasih dalam kehidupanmu masih belum juga menjadi kenyataan, maka tetap bersabarlah. Namun demikian, bersabar bukanlah dalam pengertian diam terpaku sambil melipat kedua tanganmu di depan dada. Kamu harus terus berusaha dan pantang menyerah. Sebelum melangkah lebih jauh dalam kerangka mendapatkan cintamu, ada […]

Tips Membangun Rasa Percaya Diri

Tips Membangun Rasa Percaya Diri

Siapa sih yang tak kenal Afgan? Saya rasa, hampir seluruh penikmat musik Indonesia kenal kepadanya, minimal pernah mendengar namanya. Di mana pun Afgan tampil, para afganisme (sebutan untuk fans berat Afgan) akan berteriak histeris menyebut-nyebut namanya. Afgan memang salah satu ikon artis yang sedang naik daun; sedang menjadi buah bibir […]