biar hati tenang secara islam

Hidup Tenang Tanpa Dendam

Hidup Tenang Tanpa Dendam

Berapa tahun Nelson Mandela mendekam di penjara? Tak kurang dari 20 tahun pejuang kemanusiaan tersebut menghabiskan waktunya di balik jeruji besi. Dan selama itu pula ia menerima perlakuan tidak manusiawi dari para sipir penjara. Hidupnya dinistakan bahkan kepalanya sering dikencingi oleh para penjaga.

Hati-hati, Hantu Klewang Sedang Bergentayangan!

Hati-hati, Hantu Klewang Sedang Bergentayangan!

Minggu-minggu ini bulu kuduk saya nyaris berdiri setiap saat. Bagaimana tidak, hampir setiap hari kita disuguhi berita kejahatan yang dilakukan oleh kelompok atau geng motor di bawah pimpinan Klewang. Lelaki paruh baya ini (57 tahun) beserta gerombolan pencolengnya melakukan tindak kejahatan perampasan sepeda motor, perampokan, pembunuhan, dan pemerkosaan.

Biarkan Para Calon Mertua Menilai Kita

Biarkan Para Calon Mertua Menilai Kita

Saya sedang belajar kesungguhan dan keikhlasan kepada seorang kawan. Dia seorang kepala museum. Saat ini dia tengah mendapat promosi. Pangkatnya akan segera naik mendahului teman seangkatannya, bahkan menyalip beberapa seniornya.

Ternyata Cowok Humoris Itu Seksi

Ternyata Cowok Humoris Itu Seksi

Punya tampang paspasan bahkan wajah tidak karuan? Ah, jangan putus asa lagi! Tak perlu pergi jauh ke Korea sana untuk melakukan bedah plastik. Tak perlu datang ke dukun pelet. Jangan lakukan semua itu. Cukup telisik saja diri sendiri. Jika kamu temukan sisi humorismu, kembangkan saja kepribadian tersebut.

Siapa yang Berjalan di Jalannya akan Sampai Tujuan

Siapa yang Berjalan di Jalannya akan Sampai Tujuan

Dari anak saya yang sedang menuntut ilmu di Pondok Modern Gontor, saya mendapat oleh-oleh sebuah pepatah berbahasa Arab. Bunyi lengkap pepatah itu: “Man saara ala darbi washala.” Jika diterjemahkan secara bebas ke dalam bahasa Indonesia, pepatah itu bermakna, “Barangsiapa berjalan di jalannya maka akan sampai ke tujuan yang dicita-citakannya.”

Penumpang Sebelah Menarik Hati; Apa yang Mesti Kita Lakukan?

Penumpang Sebelah Menarik Hati; Apa yang Mesti Kita Lakukan?

Dalam sebuah cerita pendek, kalau tidak salah penulisnya Seno Gumira Ajidarma, dikisahkan seorang pemuda lajang duduk bersebelahan dalam bis kota dengan seorang gadis yang sungguh menarik hatinya. Selama perjalanan tersebut hasrat si pemuda untuk berkenalan dengan gadis itu sangatlah besar. Namun apa daya, keberaniaannya tidak muncul-muncul jua hingga sang gadis […]

Si Dia Pergi; Jangan Biarkan Hatimu Berdarah-darah

Si Dia Pergi; Jangan Biarkan Hatimu Berdarah-darah

Cinta adalah emosi yang sangat njlimet. Di samping menawarkan rasa manisnya, cinta juga bisa asem, bahkan getirnya  jauh melebihi pahitnya pare. Hati-hati, cinta pun berbahaya, bahkan, bisa membuat kamu terluka, terutama ketika jalinan kasih yang kamu untai berdua sekian lama, tiba-tiba harus putus di tengah jalan.

Tips Menaklukkan Hati Gebetan

Tips Menaklukkan Hati Gebetan

Pertama bertemu dengannya mungkin biasa-bisa saja. Akhir-akhir ini hatimu tambah gundah gulana manakala tak bertemu dengannya. Setelah bertanya kanan dan kiri akhirnya diperolehlah identitas dia. Lalu, bagaimanakah cara menaklukkan hatinya? Berikut, Russell Jacson memberikan tips singkatnya.

Tebarkan Cinta, Lalu Tunggu yang Terjadi Setelahnya

Tebarkan Cinta, Lalu Tunggu yang Terjadi Setelahnya

Istri saya pernah bercerita bahwa dulu ketika masih kuliah pernah kesengsrem pada seniornya. Dia adalah mahasiswa aktivis kampus seperti dirinya. Sesungguhnya si cowok itu biasa-biasa saja penampilannya. Lantas, sisi mana yang telah membuat istri saya waktu itu begitu mengidolakannya?

Mendapatkan Jodoh Idaman dalam Islam

Mendapatkan Jodoh Idaman dalam Islam

Mendapatkan jodoh idaman yang sesuai kriteria, bagi sebagian orang merupakan hal yang susah. Namun tenang saja, semua itu ada jalan keluarnya. Agama Islam pun mengajarkan untuk tetap berusaha dan bertawakal untuk mendapatkan jodoh idaman kita.

Jokowi dan Kemenangan Merebut Hati Gebetan

Jokowi dan Kemenangan Merebut Hati Gebetan

Siapa sih yang tak kenal sosok Jokowi. Gubernur DKI yang satu ini setiap hari jejaknya bisa disaksikan di layar kaca stasiun-stasiun televisi. Aktivitas blusukan Jokowi ke lokasi-lokasi paling kumuh di Jakarta memang nyaris setiap saat terekam oleh media.

Patah Hati, Apalah Obatnya?

Patah Hati, Apalah Obatnya?

Menurut Colleen Crawford, patah hati situasinya seperti cermin yang jatuh dari lantai teratas sebuah menara hingga menyebabkan potongan kaca menyebar ke mana-mana. Sangat sulit untuk menjadikannya kembali utuh.

Pacaran NO; Ta’aruf YESS!

Pacaran NO; Ta’aruf YESS!

Ta’aruf adalah suatu proses pengenalan antara seorang laki-laki dan perempuan yang berniat suci mendapatkan jodoh dan berniat melangsungkan proses pernikahan dengan cara yang halal. Jangan bayangkan ta’aruf seperti halnya pacaran. Dalam ta’aruf tidak dikenal adanya kontak fisik. Ta’aruf sangat mengedepankan kepatuhan terhadap rambu-rambu syari’ah. Artinya, ketika rambu-rambu ini diterobos secara […]

Putus Cinta Tak Harus Selalu Kelabu

Putus Cinta Tak Harus Selalu Kelabu

Khusus bagi kamu yang belum pernah mengalami putus cinta, akan saya sampaikan bagaimana gejala-gejalanya. Pertama, mata berkunang-kunang; kedua, gelap memenuhi seisi ruangan; ketiga, nafas terasa sesak; dan keempat, konsentrasi tiba-tiba hilang.

Mencintainya Dengan Ikhlas

Mencintainya Dengan Ikhlas

“Pa, nilai-nilaiku turun semua, padahal aku sudah belajar dengan tekun. Bahkan, kalau tidur larut malam karena sebelumnya aku belajar,” demikian laporan pertama yang saya terima saat menemui anak saya di pondoknya.

Welcome to Terra Incognita

Welcome to Terra Incognita

Pagi yang tenang tiba-tiba dikejutkan oleh ketukan keras pada daun pintu ruangan kerja saya. Setelah dipersilakan masuk, si “pengganggu” ketenangan itu masuk sambil membungkukkan tubuhnya dengan takzim.

Tetapkan Sasaran Jodohmu, Lalu Bidiklah Sekarang Juga

Tetapkan Sasaran Jodohmu, Lalu Bidiklah Sekarang Juga

Dalam Catatan Pinggir-nya, Gunawan Mohammad pernah mengangkat kisah Pandawa Lima belajar memanah. Pendeta Durna, sang guru memanah itu, bertanya kepada kelima muridnya tentang apa yang dilihatnya di atas pohon. Empat dari lima murid sang pendita itu secara bergantian menjawab bahwa mereka melihat seekor burung. Dan ketika pertanyaan itu disampaikan kepada […]

Tips Jitu Menaklukkan Hati Si Dia: Kesan Pertama Begitu Menggoda

Tips Jitu Menaklukkan Hati Si Dia: Kesan Pertama Begitu Menggoda

Ya, kesan pertama merupakan langkah awal keberhasilan. Banyak rencana buyar begitu saja gara-gara kurang menggodanya kesan pertama. Berlangsungnya kesan pertama dalam hitungan detik saja. Oleh kerena itu, wahai para jomblo budiman, tidak ada salahnya kamu ngangsu kaweruh berkaitan dengan kesan pertama ini. Kamu boleh bertanya kepada teman atau handai tolan. […]

Para Penyebar Virus Kebahagiaan

Para Penyebar Virus Kebahagiaan

Sering kali kita berhadapan dengan orang-orang yang tidak cantik atau pun tidak ganteng namun kepribadiaannya sangat menyenangkan. Dia semacam penyebar virus namun virus yang tak merepotkan. Siapa pun yang berdekatan dengannya akan hanyut terseret derasnya arus kebahagiaan. Tidak sedikit yang kemudian jatuh simpatik kepada dirinya, tidak terbatas pada kaum pria […]

Foto: www.artofseductions.com

Karena Wanita Ingin Dimengerti, Maka Manjakanlah Dia

Semua wanita ingin dimengerti. Ya, itu sudah menjadi kodratnya. Namun demikian, sering kali yang terlintas dalam bayangan perempuan, sama sekali tidak menjadi fokus perhatian kaum lelaki. Kaum Adam banyak meremehkan segala hal yang menjadi perhatian utama kaum perempuan.