artikel bahasa sunda

Ribetnya Bahasa Cewek

Ribetnya Bahasa Cewek

Di antara sekian banyak bahasa yang tersebar di dunia ini, bagi saya, yang paling sulit difahami hanyalah bahasa perempuan. Saking sulitnya, beberapa di antara rangkaian kalimat yang dahulu pernah dilontarkan beberapa perempuan, baru bisa terungkap maknanya dengan lengkap setelah saya berumah tangga. Bahkan, masih banyak lagi kalimat yang masih menggantung […]

Ngarawu ku Siku

Ngarawu ku Siku

Kata Yuswohady, penggiat marketing, banyak pengusaha yang terperangkap dalam jebakan medioker alias jalan di tempat alias tak mengalami kemajuan. Penyebabnya adalah keinginan yang menggebu-gebu untuk bisa eksis pada segala lini layanan.

Selaraskan Bahasa Tubuhmu

Selaraskan Bahasa Tubuhmu

Menurut seorang konselor perkawinan, Adriana S. Ginanjar, bahasa tubuh merupakan aspek penting dalam menyampaikan pesan. Orang-orang lebih banyak mempercayai bahasa tubuh kita tinimbang pesan lisan yang kita sampaikan. Oleh sebab itu, hati-hatilah dengan bahasa tubuh kamu.

Lelaki Sunda Dilarang Menikahi Gadis Jawa, Benarkah?

Lelaki Sunda Dilarang Menikahi Gadis Jawa, Benarkah?

Saya adalah orang yang banyak melanggar tabu atau pamali. Rumah yang saya tempati saat ini dalam posisi tusuk sate. Padahal, sebagian orang mempercayai bahwa rumah dalam posisi seperti ini sangat tabu karena berada dalam posisi tidak menguntungkan atau jauh dari hoki.

Isyarat Bahasa Tubuh Pria Jika Kamu Menarik Perhatiannya

Isyarat Bahasa Tubuh Pria Jika Kamu Menarik Perhatiannya

Ketika Bertandang ke rumah saudara, menghadiri resepsi pernikahan teman, bahkan saat hadir dalam kegiatan ibadah keagamaan, akan ada kesempatan bertemu dengan seorang pria yang kesengsrem padamu. Terus bagaimana caranya untuk mengetahui bahwa dia memang tertarik padamu? Menurut Tracey Cox Perhatikan saja petunjuk dari gerak bahasa tubuhnya. Berikut saya paparkan isyarat […]

Inilah 4 Tanda Cowokmu Sedang Berbohong Padamu

Inilah 4 Tanda Cowokmu Sedang Berbohong Padamu

Apakah cowok yang sedang mengoceh di hadapanmu itu seorang pembohong ataukah bukan? Untuk memastikannya, coba perhatikan gerak atau bahasa tubuhnya sebagai berikut.

Kita Sering Terperdaya oleh Tampilan Casing

Kita Sering Terperdaya oleh Tampilan Casing

Dalam sebuah cerita pendek berbahasa Sunda yang ditulis oleh Ahmad Bakri dikisahkan seorang gadis desa yang sedang menjaring jodohnya. Dengan berbekal uang hasil penjualan kerbau dan sebidang sawah milik orang tuanya, si gadis desa itu kemudian tinggal dengan paman dan bibinya di kota. Uang kerbau dan sawah itu digunakannya untuk […]

Kado Istimewa Buat si Dia

Kado Istimewa Buat si Dia

Coba hitung, berapa kali selama ini kamu memberikan kado untuk si dia? Ah, jangan-jangan belum pernah sama sekali. Bisa jadi kamu masuk ke dalam clan  keked mengkene (pedit, pelit, tjap djahe, dst.).

4 Langkah Menaklukkan Hati Cewek

4 Langkah Menaklukkan Hati Cewek

Banyak yang mengatakan bahwa obsesi utama cowok adalah mendapatkan cewek. Sayangnya banyak yang memiliki kendala untuk mendapatkan obsesinya tersebut. Beberapa cowok mengalami kesulitan untuk mendapatkan cewek untuk dijadikan jodoh idamannya.

Thobur

Thobur

Setiap kali menjenguk anak di Pondok Modern Gontor Ponorogo, saya senantiasa belajar tentang kesabaran. Media yang digunakan untuk melatih  kesabaran itu ada pada kegiatan ngantri. Di Gontor, ngantri dikenal dengan sebutan thobur (Bahasa Arab).

Tips Menghadapi Orang yang Menyebalkan

Tips Menghadapi Orang yang Menyebalkan

Ditaksir seseorang yang gak pas di hati memang menjadi penderitaan tersendiri. Bahkan menyebalkan. Celakanya, orang itu seperti tak tahu diri. Kamu telah menampakkan isyarat ketidaksukaan dengan bahasa tubuh tapi dia tetap nekad datang ke rumah. Apa yang mesti dilakukan?

Perempuan dan Secangkir Kopi

Perempuan dan Secangkir Kopi

“Kopi itu manja, sedikit saja kita salah memperlakukannya, maka rasa dan aromanya akan berbeda.“

conscioussolutions.com.au

Jodoh Idaman Beda Budaya

Apakah kamu saat ini sedang bingung karena mendapatkan jodoh idaman yang tidak satu suku atau marga? Sebenarnya kamu tidak perlu risau dengan semua itu. Sebab, pernikahan tidak mensyaratkan harus berasal dari budaya yang sama. Persamaan budaya juga bukan jaminan terciptanya rumah tangga yang harmonis.

Siapa yang Berjalan di Jalannya akan Sampai Tujuan

Siapa yang Berjalan di Jalannya akan Sampai Tujuan

Dari anak saya yang sedang menuntut ilmu di Pondok Modern Gontor, saya mendapat oleh-oleh sebuah pepatah berbahasa Arab. Bunyi lengkap pepatah itu: “Man saara ala darbi washala.” Jika diterjemahkan secara bebas ke dalam bahasa Indonesia, pepatah itu bermakna, “Barangsiapa berjalan di jalannya maka akan sampai ke tujuan yang dicita-citakannya.”

Foto: bookofodds.com

Jika Kamu Berjodoh dengan Warga Negara Asing

Cinta memang bisa tumbuh subur tanpa memandang usia, latar belakang keluarga, suku, pekerjaan, warna kulit, atau kewarganegaraan. Cinta justru mampu mempertipis perbedaan-perbedaan tersebut. Jika kamu saat ini berdomisili di laur negeri atau banyak bergaul dengan orang-orang asing, maka sangat mungkin salah satu dari orang asing tersebut bakal menjadi pasangan hidupmu. […]

Kawan Saya Menemukan Jodohnya di Internet

Kawan Saya Menemukan Jodohnya di Internet

Dari mana datangnya lintah Dari sawah turun ke kali Dari mana datangnya cinta Dari dunia maya turun ke hati Maaf, pantun yang dulu diajarkan oleh Guru Bahasa dan Satra Indonesia kita itu, sedikit saya modifikasi. Zaman telah berkembang. Hari ini tidak sedikit kawan-kawan kita yang jatuh cinta dan menemukan tambatan […]

6 Tanda Cowokmu Tidak Serius Padamu

6 Tanda Cowokmu Tidak Serius Padamu

Ketahuilah bahwa tidak semua lelaki yang medekatimu akan melamar lalu benar-benar menikahimu. Apakah cowokmu masuk ke dalam kelompok orang-orang ini? Nah, untuk mengusir segala keraguanmu, coba kenali tanda-tandanya.

Amarah Tinggalkan Luka Menganga

Amarah Tinggalkan Luka Menganga

Khutbah Jumat yang saya ikuti kali ini benar-benar menyadarkan saya atas segala ketidakberdayaan dalam menahan amarah. Ya, amarah, emosi, atau apa pun itu namanya sering mengganggu nalar sehat kita. Saat bersosialisasi dengan keluarga, sahabat, tetangga, kolega, atau dengan anak buah, tak jarang saya sering mengungkapkan amarah melalui bahasa tubuh, umpatan, […]

Penumpang Sebelah Menarik Hati; Apa yang Mesti Kita Lakukan?

Penumpang Sebelah Menarik Hati; Apa yang Mesti Kita Lakukan?

Dalam sebuah cerita pendek, kalau tidak salah penulisnya Seno Gumira Ajidarma, dikisahkan seorang pemuda lajang duduk bersebelahan dalam bis kota dengan seorang gadis yang sungguh menarik hatinya. Selama perjalanan tersebut hasrat si pemuda untuk berkenalan dengan gadis itu sangatlah besar. Namun apa daya, keberaniaannya tidak muncul-muncul jua hingga sang gadis […]

Mari Kita Kenali Karakter Orang Jepang

Mari Kita Kenali Karakter Orang Jepang

Apakah kamu saat ini sedang naksir atau ditaksir orang Jepang? Atau bercita-cita menjadi pendamping setia orang Jepang? Nah, sebelum melangkah lebih jauh, tidak ada salahnya kalau kamu mempelajari mengenai karakter orang-orang negeri sakura ini. Bukankah pepatah mengatakan tak kenal maka ta’aruf.