arti mimpi akan dijodohkan

Pada Suatu Hari Ulat itu akan Menjadi Kupu-kupu

Pada Suatu Hari Ulat itu akan Menjadi Kupu-kupu

Menangis. Itulah yang dilakukan ayah saya ketika bertemu anak saya yang sedang mondok di Pondok Modern Gontor, Ponorogo. Sebagai seorang kakek yang penuh welas asih, hatinya tidak tega melihat cucunya dalam kondisi hidup penuh prihatin.

Sssstttt…..Jangan Ceritakan Mimpimu Semalam!

Sssstttt…..Jangan Ceritakan Mimpimu Semalam!

Mimpi selalu dikaitkan dengan peristiwa yang bakal dialami. Katanya, jika bermimpi jempol kaki digigit ular itu berarti dalam waktu dekat ada seseorang yang akan melamar kita. Bermimpi buang hajat artinya kita akan berhadapan dengan masalah yang mencelakai hidup kita. Bermimpi pakaian dipinjam orang, katanya memiliki makna bahwa kekasih kita berselingkuh […]

Insya Allah

Insya Allah

“Dan jangan sekali-kali kamu mengatakan tentang sesuatu: Sesungguhnya aku akan mengerjakan ini besok pagi, kecuali (dengan menyebut); ‘Insya Allah’.” (QS al-Kahfi [16]:23-24).

Haruskah Menerima Perjodohan?

Haruskah Menerima Perjodohan?

Melihat kamu sudah bekerja dan cukup umur, orang tuamu pasti berharap kamu bisa segera mendapatkan jodoh idaman. Namun apa jadinya jika ternyata kamu masih bersikap tenang dan tidak tergesa-gesa mencari jodoh idaman tersebut? Pastilah mereka gelisah. Mereka khawatir kamu hanya bersikap pasif dan tidak berusaha. Jadi jangan heran bila akhirnya […]

Foto: ilu-imu.blogspot.com

Dijodohkan, Siapa Takut?

Hari gini dijodohkan? Seperti zaman Siti Nurbaya saja. Itulah tanggapan yang umumnya akan diberikan ketika seseorang mendengar kata dijodohkan atau perjodohan. Namun, tidak ada salahnya kamu mengkaji ulang pernyataan ini. Benarkah perjodohan itu selalu buruk? Tidak adakah sisi positif yang dapat dipetik dari perjodohan?

Cinta Berlebihan akan Sangat Menyakitkan

Cinta Berlebihan akan Sangat Menyakitkan

Apa pun yang dikategorikan sebagai sesuatu yang berlebihan pasti tidak baik. Makan berlebihan tidak baik. Minum berlebihan juga tidak baik. Mencintai seseorang secara berlebihan juga sangat tidak baik. Mengapa demikian? Silakan baca alasannya di bawah ini.

Dijodohkan Ortu, Terima atau Tidak?

Dijodohkan Ortu, Terima atau Tidak?

Siapa pun pasti memiliki angan-angan mendapatkan jodoh sesuai dengan pilihan hati. Kamu sudah menetapkan berjibun kriteria mengenai jodohmu sendiri. Idealismemu mengatakan: “Jodohku harus setengah malaikat!“ Ya, siapa sich yang tidak ingin memiliki pendamping sedemikian sempurna.  Wis guanteng/cuantik, soleh, tajir lagi.

Permohonan Maaf Tidak Akan Melunturkan Harga Diri Kita

Permohonan Maaf Tidak Akan Melunturkan Harga Diri Kita

Kita mungkin perlu banyak belajar kepada Cristiano Ronaldo tentang cara menyampaikan maaf kepada seseorang. Dengan rendah hati dan melupakan nama besarnya, pesepak bola dari kesebelasan Real Madrid ini menyampaikan permohonan maaf kepada seorang gadis yang menjadi suporter dalam pertandingan yang diikuti bintang sepak bola dari Portugal tersebut.

Siapa yang Berjalan di Jalannya akan Sampai Tujuan

Siapa yang Berjalan di Jalannya akan Sampai Tujuan

Dari anak saya yang sedang menuntut ilmu di Pondok Modern Gontor, saya mendapat oleh-oleh sebuah pepatah berbahasa Arab. Bunyi lengkap pepatah itu: “Man saara ala darbi washala.” Jika diterjemahkan secara bebas ke dalam bahasa Indonesia, pepatah itu bermakna, “Barangsiapa berjalan di jalannya maka akan sampai ke tujuan yang dicita-citakannya.”

Dayunglah Perahumu di Atas Air, Bukan Di Tempat Kering

Dayunglah Perahumu di Atas Air, Bukan Di Tempat Kering

Seseorang yang bermimpi mencapai kesuksesan tetapi tidak mendekati jalan kesuksesan itu, menurut Penyair Bahar Basith dalam syairnya, ibarat mengayuh perahu di tempat kering.

Habis Sulit Terbitlah Mudah

Habis Sulit Terbitlah Mudah

Ketika asyik mengetik artikel untuk blog ini, saya tersentak mendengar dering telepon genggam saya. O, yang menelepon rupanya anak perempuan saya yang saat ini tengah menuntut ilmu pada sebuah pesantren di Jawa Timur. Dengan isak tangis tak henti-henti, ia mengadukan ketidakbetahannya mondok di pesantren tersebut. Katanya salah satu kawannya benar-benar […]

Akan Datang Seseorang yang Ikhlas Mencintai Kita

Akan Datang Seseorang yang Ikhlas Mencintai Kita

Syeikh Ammar Bugis adalah seorang penyandang tunadaksa. Ia lahir dalam kondisi lumpuh total. Hanya otak, mata, dan mulutnya yang masih berfungsi. Selebihnya, sama sekali tidak dapat digunakan. Meskipun demikian, ia tidak menjadikan cacat fisiknya sebagai hambatan dalam meraih prestasi. Pria kelahiran Amerika Serikat 26 tahun silam ini telah menjadi penghafal […]

Fokuslah pada Sang Pemilik Jodoh

Fokuslah pada Sang Pemilik Jodoh

Kata Ustad Yusuf Mansur, kita sering lupa bahwa jodoh itu ada pemiliknya. Kita sering terlalu fokus pada jodoh itu saja. Tanpa menyadari bahwa jodoh itu digerakkan oleh sang Khaliq, pemilik jodoh itu.

Saat Ditanya Kapan Akan Menikah

Saat Ditanya Kapan Akan Menikah

Mungkin kamu saat ini sedang mengalami hal seperti yang pernah saya rasakan. Orang-orang begitu peduli tapi ember. Mereka bertanya tentang mengapa masih tetap bertahan membujang. “Kapan menikah?” “Lihat teman-temanmu yang lain, mereka semua sudah menikah. “Kapan giliranmu?”

Ternyata, Kemuliaan Hidup Itu Bukan Dikarenakan Pangkat dan Jabatan

Ternyata, Kemuliaan Hidup Itu Bukan Dikarenakan Pangkat dan Jabatan

Ribuan orang berbondong-bondong mendaftarkan diri menjadi calon anggota legislatif. Berbagai upaya dilakukan, mulai dari memajang diri di baliho-baliho yang menyesakkan kota hingga tebar pesona di berbagai acara. Tujuannya hanya satu: pencitraan. Harapannya juga satu: terpilih sebagai wakil rakyat pada pemilu legislatif mendatang.

Ketika Rasa Hampa Datang Melanda

Ketika Rasa Hampa Datang Melanda

“Sejak Desember kami sudah pisah resmi. Mohon maaf, mohon tenang. Kami berdua tetap akrab seperti kakak adik kok. Sampai kapan pun, Ira tetap ibu dari anak-anakku.GBU”

In The Name of Harmony

In The Name of Harmony

Kata Boss saya, ketika bencana menimpa diri kita, maka yang pertama kali harus ditelisik adalah sumbernya. Tidak tertutup kemungkinan bencana tersebut berasal dari kurang harmonisnya kita dengan alam dan lingkungan.

Bersama Kesulitan Pasti Ada Kemudahan

Bersama Kesulitan Pasti Ada Kemudahan

Ustad yang biasa mengisi pengajian di surau kami bercerita bahwa dari kesulitan yang kita hadapi sebenarnya akan mengalir sebuah kemudahan. Barangkali kesulitan itulah yang bisa disamakan dengan harga yang harus kita bayar untuk kemudahan yang kita nikmati.

Jalan Pintas

Jalan Pintas

Sedikit sekali di antara kita yang tekun dalam menggarap segala sesuatu. Maunya serba cepat, serba kilat, dan serba instan. Inginnya dapat meraih kesuksesan seperti penggalan kalimat dalam Naskah Proklamasi: “dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.”

Ujianlah yang Menjadikan Kita Lebih Mulia

Ujianlah yang Menjadikan Kita Lebih Mulia

Terdapat 130 gunung berapi dalam kategori aktif di seluruh wilayah Indonesia. Menurut Surono, Kepala Pusat Badan Geologi Kementrian ESDM,  ini merupakan anugerah tersendiri bagi bangsa kita. Bayangkan, sendainya tidak ada gunung api tersebut, Indonesia hanya dikenal sebagai negeri dengan daratan berupa karang mati. Tak akan ada kesuburan di sepanjang permukaan […]