adat jawa tentang larangan pernikahan

Cinta Berisiko Tinggi Holly Angela-Gatot

Cinta Berisiko Tinggi Holly Angela-Gatot

Mencermati tragedi cinta antara Holly Angela Hayu Winanti dengan Gatot Supiartono, saya hanya mampu mengucap istighfar berkali-kali. Ibarat membalikkan telapak tangan. Begitu mudahnya cinta berbalik menjadi benci. Ya, begitulah jadinya jika kita berani bermain api asmara berisiko tinggi.

Lelaki Sunda Dilarang Menikahi Gadis Jawa, Benarkah?

Lelaki Sunda Dilarang Menikahi Gadis Jawa, Benarkah?

Saya adalah orang yang banyak melanggar tabu atau pamali. Rumah yang saya tempati saat ini dalam posisi tusuk sate. Padahal, sebagian orang mempercayai bahwa rumah dalam posisi seperti ini sangat tabu karena berada dalam posisi tidak menguntungkan atau jauh dari hoki.

Saat Ditanya Kapan Akan Menikah

Saat Ditanya Kapan Akan Menikah

Mungkin kamu saat ini sedang mengalami hal seperti yang pernah saya rasakan. Orang-orang begitu peduli tapi ember. Mereka bertanya tentang mengapa masih tetap bertahan membujang. “Kapan menikah?” “Lihat teman-temanmu yang lain, mereka semua sudah menikah. “Kapan giliranmu?”

Foto: www.baliweddingpackages.com

Jawaban Bermakna Doa untuk Pertanyaan tentang Jodoh

Menjelang usia 30 tahun dan masih sendiri. Apakah kamu termasuk salah satu di antara orang-orang dalam golongan usia ini? Jika ya, kamu pasti sangat sering mendapatkan pertanyaan sejenis ini, “Kapan nih, mau mengakhiri masa lajang?”

Dekati Hari Pernikahan, Semakin Intensiflah Berkomunikasi

Dekati Hari Pernikahan, Semakin Intensiflah Berkomunikasi

Saya sudah bercerita banyak tentang pentingnya jalinan komunikasi dengan pasangan kita. Komunikasi yang terus berlangsung, secara signifikan, sangat membantu eratnya jalinan kasih di antara dua insan yang sedang memadu kasih. Lebih-lebih jika sudah mendekati hari “H” pernikahan, faktor komunikasi harus mendapat perhatian penuh.

Menyiapkan Berkas Administrasi Pernikahan

Menyiapkan Berkas Administrasi Pernikahan

Setelah sekian lama melakukan pendekatan, setelah sekian bungkus martabak dibawakan untuk calon mertua, setelah sekian ratus SMS cinta terkirim, dan setelah sekian ribu patah kata rayuan terlontar dari mulutmu, akhirnya, kamu dapatkan juga cintanya. Selamat, dach!

Kawin Kontrak, Setujukah Kamu?

Kawin Kontrak, Setujukah Kamu?

Mungkin saat ini kamu sedang dalam dilema karena ada seorang pria dari luar negeri yang berhasrat menikahimu. Namun status pernikahan tersebut adalah kawin kontrak. Sebelum melangkah lebih lanjut, ada baiknya kamu membaca uraian di bawah ini. Saya mencoba mengintisarikannya dari berbagai sumber pemberitaan. Semoga bermanfaat.

conscioussolutions.com.au

Jodoh Idaman Beda Budaya

Apakah kamu saat ini sedang bingung karena mendapatkan jodoh idaman yang tidak satu suku atau marga? Sebenarnya kamu tidak perlu risau dengan semua itu. Sebab, pernikahan tidak mensyaratkan harus berasal dari budaya yang sama. Persamaan budaya juga bukan jaminan terciptanya rumah tangga yang harmonis.

Setelah Kamu Berselingkuh, Mungkinkah Dia Kembali Percaya Padamu?

Setelah Kamu Berselingkuh, Mungkinkah Dia Kembali Percaya Padamu?

Setelah Tuhan mempertemukanmu dengan jodohmu, saat jenjang pernikahan telah ditempuh, terjadilah peristiwa yang sangat melukai parasaan pasanganmu. Karena khilaf dan alasan tetek bengek lainnya, kamu berselingkuh.  Dan rasa percaya terhadapmu pun tiba-tiba hilang dalam dirinya.

Benarkah Kamu Telah Siap Menikah?

Benarkah Kamu Telah Siap Menikah?

Menikah merupakan ibadah yang paling nikmat. Banyak manfaat yang dirasakan setelah menjalani pernikahan. Namun demikian, sebelum janur kuning melengkung di depan pagar rumahmu dan sebelum akad saling setia diikrarkan, ada baiknya kamu menjawab sejumlah pertanyaan di bawah ini.

Setelah Menikah, Akankah Ia Berubah?

Setelah Menikah, Akankah Ia Berubah?

Seharian ini saya banyak mengintip buku Sebelum Janji Terucap yang ditulis oleh Adriana S. Ginanjar. Di dalam satu bab-nya, secara khusus konselor pernikahan ini membahas tentang perubahan yang sering diharapkan oleh seseorang terhadap pasangannya kelak setelah pernikahan berlangsung.

Mengapa Lelaki Ganteng Tidak Setia pada Pasangannya?

Mengapa Lelaki Ganteng Tidak Setia pada Pasangannya?

Terus terang saja, saya tidak merasa ganteng dan puluhan perempuan yang saya tanyai juga menyampaikan kalau saya memang tidak ganteng. Apakah karena itulah yang menjadi penyebab saya masih setia dengan pasangan saya hingga hari ini? Benarkah seorang lelaki rupawan cenderung tidak setia kepada pasangannya?

Di mana Bumi Dipijak di Situ Langit Dijunjung

Di mana Bumi Dipijak di Situ Langit Dijunjung

Saya terkesan terhadap para pengusaha Amerika yang begitu tekun mempelajari adat istiadat bangsa Arab. Tujuan utamanya adalah agar mereka bisa sukses dalam berbisnis dengan para pengusaha di jazirah yang mayoritas penduduknya muslim tersebut. Tentu saja sepanjang bertransaksi, para pengusaha negara adidaya tersebut sangat memperhatikan bagaimana etika berbisnis islami diterapkan. Mereka […]

Carilah Informasi yang Paripurna tentang Calon Suamimu

Carilah Informasi yang Paripurna tentang Calon Suamimu

Sedikit saya bercerita tentang nasib anak kerabat saya yang lama hidup menjanda. Empat belas tahun yang lalu dia menjalin hubungan dekat dengan seorang pemuda cukup tampan dan parlente. Hubungan dekat ini kemudian berlanjut pada keinginan si pemuda tadi untuk mempersunting anak kerabat saya. Dia mengaku masih perjaka tulen alias belum […]

thengexz.blogspot.com

Jika Jodoh Idaman Tidak Direstui Keluarga

Bicara tentang pernikahan berarti bicara bagaimana upaya untuk menyatukan dua buah keluarga besar. Pernikahan sejatinya tidak sekedar menikahkan dua insan beralinan jenis. Namun bagaimana membangun silahturahmi antar dua keluarga yang sebelumnya tidak pernah saling mengenal. Sehingga kedua keluarga tersebut bisa saling mengenal satu dengan yang lainnya dan kemudian terjalinlah kedekatan […]

Tips Menghadapi Calon Mertua

Tips Menghadapi Calon Mertua

Alhamdulillah, status jomblo telah dilepaskan. Kini kamu sudah punya calon pendamping. Selamat, ya?! Nah, sebelum cintamu berlanjut ke tingkat yang lebih serius lagi, tolong simak dengan baik saran dari Johanna Nauraine seorang penasihat pernikahan asal Cicadas, maaf, Chicago berikut ini.

Adik Syahrini dan Mahar Mercedes-Benz E250

Adik Syahrini dan Mahar Mercedes-Benz E250

Para lelaki jomblo yang biasa hidup gali dan gali lagi lalu tutup lubang mungkin ada yang langsung keder menyaksikan berita infotaiment kemarin. Ya, Aisyahrani, adik kandung Syahrini menerima mahar satu unit Mercedes-Benz E250 Avantgarde putih seharga Rp 1 miliar.

Tips Menikah dengan Duda yang Ditinggal Mati Isterinya

Tips Menikah dengan Duda yang Ditinggal Mati Isterinya

Dinikahi seorang pria yang ditinggal mati oleh pasangannya tentu tidak akan sama situasinya dengan dinikahi seorang lelaki yang baru saja bercerai dari isterinya. Pada saat memasuki rumah tangga baru kamu akan menghadapi suasana berkabung, bayang-bayang cinta almarhumah dalam diri sang suami, dan anak-anak tirimu yang bisa saja masih mengidolakan alamarhumah […]

Jodohku Numpang Lewat di Facebook

Jodohku Numpang Lewat di Facebook

Sebagai makhluk sosial, manusia galibnya membutuhkan teman atau kawan. Siapa sich yang bisa hidup menyendiri di dunia ini? Tak ada satu pun aktivitas manusia tanpa melibatkan orang lain. Rambut sudah panjang dan perlu segera dicukur, yang memotong rambut kita ya, orang lain. Kita pun tidak akan bisa makan kalau tidak […]

Kewajiban Menafkahi Anak dan Istri

Kewajiban Menafkahi Anak dan Istri

Halooo…. Apa kabar? Semangat untuk mengejar jodohmu masih terus menyala, bukan? Hari ini saya mendapat anugerah terindah dalam hidup saya karena seorang petinggi di republik ini mengajak saya jadi panitia pernikahan anaknya. Sebagai seorang yang bukan berasal dari trah Jawa, saya merasa kagum sekaligus kaget menyaksikan tingkat kompleksitas pernikahan adat […]